Final In Our Hand: Chelsea FC 3 : 1 Basel (Agregat 5 – 2)

The Blues sukses mencapai babak final untuk kedua kalinya berturut-turut di kompetisi Eropa setelah mengalahkan Basel 3-1 di semi-final Europa League. Kami unggul dengan agregat 5-2. Di final yang akan berlangsung di Amsterdam pada 15 Mei, kami akan bertemu dengan Benfica, yang mengalahkan Fenerbahce di semi-final.  Langkah kami ke final sempat terancam ketika Basel unggul di akhir babak pertama. Mohamed Salah mencetak gol ke gawang Petr Cech.  Namun di babak kedua kami mulai bangkit dan mencetak tiga gol dalam 10 menit dan memastikan langkah kami ke final.

Fernando Torres menyamakan kedudukan dan mencetak gol ke-20nya di musim ini, sebelum Victor Moses mencetak gol kedua. Sementara gol ketiga Chelsea akan selalu diingat karena sangat luar biasa. David Luiz, yang tendangan bebasnya memenangkan kami di leg pertama di Basel, lagi-lagi mencetak gol dari jarak jauh dan sepakan kaki kirinya tidak bisa ditangkap kiper Yann Sommer. Sesudah ini perhatian kami tertuju ke laga big match Premier League melawan Manchester United di Old Trafford pada hari Minggu.
Babak pertama
The Blues menatap laga ini untuk meraih kemenangan kedelapan beruntun di kandang, kami beruntung tidak kebobolan di menit-menit awal, ketika sundulan Markus Steinhofer mengecoh lini belakang Chelsea. Selain itu tendangan Marco Streller juga masih melebar dari gawang Petr Cech. Ketika laga berjalan 10 menit, kami nyaris unggul. Kerjasama Ramires dan Torres bekerjasama untuk memberikan bola ke Lampard. Tapi tendangan Lampard masih mengenai tiang gawang.
Mencetak gol di laga tandang bukanlah hal yang sulit bagi Basel di kompetisi ini, pasukan Murat Yakin terlihat sangat berbahaya ketika mereka melakukan serangan balik. Streller mengancam di menit 25 setleah menerima umpan Fabian Schar. Empat menit kemudian giliran kami yang memiliki peluang lewat Ramires, namun karena terlalu mendapatkan tekanan dari bek basel, Ramires tidak bisa melepaskan tendangan keras dan bola pun bisa ditangkap Sommer. Meski kami terus menyerang, Basel justru unggul lebih dul di akhir babak pertama, berawal dari Valentin Stcoker yang memberikan umpan ke Salah, para bek kami tidak mengantisipasi hal itu dan Salah yang tinggal berhadapan dengan Cech melepaskan tembakan ke sisi kiri gawang Cech.
Babak kedua
Dengan unggulnya Basel, Chelsea membutuhkan respon positif dan itu terjadi sangat cepat dari yang diperkirakan semua orang. Eden Hazard yang menjadi bermain sangat baik di babak pertama, melakukan solo run yang luar biasa dan mengobrak-abrik pertahan Basel, dia kemudian melepaskan tendangan ke gawang namun masih bisa ditepis Sommer, Torres yang berada di dekat gawang langsung meneruskan bola tersebut dan kami pun menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Tiga menit kemudian kami bisa unggul 2-0. Kali ini giliran sepakan Torres yang bisa ditepis Sommer. Namun Moses dengan sigap bisa memanfaatkan bola liar dan memasukkannya ke jala gawang Sommer.
Semuanya terlihat lebih baik ketika kami mencetak gol ketiga. Lampard memberikan bola ke Luiz dan pemain Brasil tersebut langsung melepaskan tendangan akurat ke pojok kanan gawang dari luar kotak penalti. Gol tersebut membuat kami unggul dengan agregat 5-2. Meski sudah tertinggal,Basel patut mendapat pujian karena tetap bermain dengan penuh semangat hingga akhir. Mereka bahkan hampir mencetak gol kedua jika tendangan Fabian Frei tidak mengenai tiang gawang. Di pertengahan babak kedua, Ramires digantikan oleh Oscar. Tak lama kemudian Juan Mata masuk menggantikan Eden Hazard. Sembilan menit sebelum waktu usai, Nathan Ake diberi kesempatan untuk mencicipi laga semi-final ketika menggantikan David Luiz. Luiz pun mendapatkan sambutan luar biasa dari penonton di Stamford Bridge ketika ditarik keluar.
sumber: chelseafc.com

Posted on 5 Mei 2013, in Chelsea FC, News and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: